Inilah 5 Teknologi Yang Diprediksi Bakal Trend Di Tahun 2021


Hello Rebahaners,sebentar lagi tahun baru nih,kira-kira apa ya yang bakal trend di tahun depan dimana tahun yang digadang-gadang akan jadi tahun awal vaksin covid 19 di jalankan,sebenarnya trend teknologi sangatlah jadi sorotan publik dimana seiringnya waktu teknologi semakin cepat berkembang dan banyaknya penemuan-penemuan baru,nah hal inilah yang menjadi awalmula adanya prediksi dimana teknologi apa sih yang bakal ngetrend dimasa tahun 2021?.Mari kita simak berikutnya.



1. Cyber Security

Dengan adanya pandemi, keamanan siber menjadi semakin relevan dan dibutuhkan. Banyak laporan yang menyebutkan telah terjadi peningkatan serangan siber di seluruh dunia selama pandemi dan berdampak besar. Sementara itu, kebijakan pemerintah untuk melakukan pekerjaan dari rumah mengharuskan lebih sedikit karyawan yang bekerja di lokasi sehingga adalah sangat penting bagi perusahaan untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan strategi keamanan siber, dan memperluasnya ke jaringan rumah dan perangkat seluler untuk bekerja dari rumah.



2. 5G

Beberapa tahun terakhir ini kita sudah sering mendengar tentang manfaat 5G, diantaranya adalah tersedianya konektivitas dan bandwith internet yang andal. Manusia semakin tergantung dengan ponsel dan perangkat pintar lainnya, kondisi inilah yang dimengerti oleh para provider telekomunikasi. Saat ini, bisnis harus terus terhubung, dan penerapan 5G menjadi solusi penting dalam hal ini. Berdasarkan kondisi ini, maka nilai 5G akan semakin mainstream di tahun 2021.

Meskipun awal kemunculan pandemi mengganggu pembangunan jaringan 5G, upaya ini tetap dilanjutkan. China, misalnya, mereka telah mencapai target pemenuhan penyebaran 5G untuk tahun 2020. Sementara itu, banyak produsen ponsel pintar seperti Samsung, Apple, dan Xiaomi akan segera merilis ponsel 5G dengan berbagai pilihan harga sehingga membuat 5G semakin terjangkau dan diminati tahun depan.



3. AI

Pandemi corona memicu percepatan Artificial Intelligence (AI). Data, AI, dan machine learning adalah tools yang digunakan banyak perusahaan pada tahun ini dan dipastikan akan terus berlanjut di tahun depan, khususnya untuk menyelesaikan masalah dalam skala yang lebih besar. Banyak yang mengatakan AI sebagai tren masa depan, bukan tanpa sebab pasalnya daya komputasi yang semakin terjangkau serta software dan framework yang semakin berkembang mendorong banyak perusahaan untuk memanfaatkan AI.




4. Mengaplikasikan Industry 4.0 dan AI

Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku bisnis (SDM) di tanah air agar siap menghadapi era industry 4.0, SSCX International sebagai perusahaan konsultan operational excellence terbaik di Indonesia, akan mengadakan pelatihan publik online “Industry 4.0: How to Navigate Digitization of the Industry” selama dua hari pada tanggal 26-27 Oktober 2020. Melalui pelatihan ini, pelaku bisnis diharapkan mampu memahami dengan baik tentang revolusi industri keempat atau yang lebih dikenal sebagai industri 4.0 dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapinya, termasuk memahami framework digitization, digitalization, maupun digital transformation.

Dalam pelatihan ini juga akan dibahas tentang apa itu Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) beserta contoh aplikasinya di suatu sistem.  Sebagai informasi, Artificial Intelligence menjadi salah satu bentuk penerapan industry 4.0 untuk meningkatkan efisiensi proses serta produktivitas industri.  Jika kita melihat terminologi sederhanya, AI mengganti fungsi manusia atau mesin dalam memproses informasi. Dengan menghasilkan machine language, semua data analitik bisa diproses, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat dan mengantisipasi kebutuhan atau permintaan pasar.



5. Internet of Behavior (IoB)

IoB sebagai salah satu tren teknologi yang akan berkembang di tahun 2021. IoB adalah tren menggunakan data untuk memahami perilaku, minat dan preferensi pelanggan yang dapat dimanfaatkan untuk perkembangan bisnis di masa yang akan datang.

IoB dapat mengumpulkan, menggabungkan, dan memproses data dari banyak sumber, seperti: Data pelanggan, data warga yang diolah oleh sektor publik dan badan pemerintah, media sosial, penyebaran domain publik dari facial recognition, dan pelacakan lokasi. Meningkatnya kecanggihan teknologi yang dapat memproses data menjadi insight berharga memungkinkan tren IoB berkembang di tahun 2021.

IoB memungkinkan fleksibilitas yang dibutuhkan bisnis agar mampu mengatasi perubahan tak terduga yang disebabkan oleh Covid-19 dan keadaan ekonomi dunia saat ini. Perusahaan dapat mengimplementasi big data analytics untuk mengikuti tren IoB ini.


#Penutup

Nah itulah sobat informasi yang telah saya rangkum dan prediksi versi SundaXploit,jika sobat ada yang ingin ditambahkan misalnya yang ke 6 ,tambahin aja di kolom komentar sekalian sharing.Ohya untuk penghujung konten kali ini mimin minta maaf bila ada salah kata yang kurang mengenakan dan terimakasih telah menyempatkan berkunjung,jangan bosen ya kunjungi blog kami.See you next time,byee.

Tidak ada komentar untuk "Inilah 5 Teknologi Yang Diprediksi Bakal Trend Di Tahun 2021"