Apa Itu Internet Of Things?(IoT)

 Penjelasan Singkat Mengenai Apa Itu Internet Of Things(IoT)

Assalamualaikum.Saya Akbar kali ini akan memberikan suatu pengetahuan atau informasi nih tentang apa itu Internet Of Things(IoT).


Menurut Wikipedia internet of things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT,merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Singkatnya, IoT ini bertujuan untuk menyelaraskan hubungan perangkat dengan perangkat, perangkat dengan user (manusia), dan user dengan user secara seamless.

Apa saja dampak Internet of Things (IoT) itu?


IoT akan mempunyai dampak yang menyebabkan aturan baru dimana aturan masa depan akan menjadi, 'apapun yang dapat dihubungkan, akan terhubung'. Namun, pertanyaannya kenapa kita memerlukan banyak perangkat yang saling terhubung satu sama lain? Misal, jika anda sedang di jalan untuk meeting, dan mobil anda bisa mengakses rute terbaik yang diambil, namun lalu lintas berat menyebabkan mobil mengirimkan pesan teks ke rekan meeting bahwa anda akan terlambat.

Contoh lain, bagaimana cara kerja google maps untuk mengetahui kondisi keadaan pada lalu lintas?kok google maps bisa tau sih kalo di jalan lagi macet?,nah itu juga contoh dari tehnologi internet of things.google maps akan melacak lokasi hp yang tertaut dengan akun gmail dan memasukannya ke system sehingga jika sedang keadaan macet pihak google bisa mengetahuinya.

Dampak Negatif 

- Banyak pekerjaan manusia tergantikan oleh tehnologi canggih,contohnya di pabrik,banyak tenaga kerja dibagian produksi di phk karena tergantikan oleh mesin-mesin canggih,lapangan pekerjaan semakin sulit.
- Karena IoT adalah data,maka data menjadi sangat bernilai.Data bisa digunakan untuk mengungkap informasi tersembunyi.Banyak orang menginginkannya,namun akibatnya pencurian dan pembobolan data semakin marak terjadi,salah satunya dengan menggunakan metode Social Engineering.

Dampak Positif

- Seiring perkembangan Tehnologi salah satunya IoT,membuat pekerjaan manusia semakin mudah.Contohnya,dengan adanya E-money sekarang kita bisa membeli sesuatu tanpa membawa uang tunai.
- Melimpahnya sumber data jutaan,triliunan hingga tak terhingga,itu akan menjadi sumber pengetahuan untuk kita semua,misalnya perusahaan search engine seperti google.

Tidak ada komentar untuk "Apa Itu Internet Of Things?(IoT)"