Apa Itu Ethical Hacking?

 (Pengenalan Singkat Tentang Ethical Hacking)





Mungkin anda berfikir "Hacker" adalah sosok bang jago yang memiliki skill-skill yang tinggi seperti di dalam film-film layar lebar bukan?,nyatanya hacker sejati adalah seseorang yang memahami jalannya komputer,dan tools untuk mencari sebuah celah keamanan.Jadi ethical hacking adalah suatu kegiatan menggunakan trik-trik hacking,tools hacking untuk menganalisa dan mencari tahu kerentanan pada suatu sistem,program,jaringan,namun ethical hacking dalam peretasan sesungguhnya harus membutuhkan persetujuan untuk menjalankan kegiatannya terhadap otoritas terkait.



Memahami Terminologi Ethical Hacking

  • Threat : adalah suatu keadaan atau situasi lingkungan yang dapat memyebabkan penerobosan keamanan.
  • Exploit : adalah perangkat lunak yang memanfaatkan suatu celah,atau kesalahan pada suatu sistem yang menyebabkan akses tidak sah,eskalasi,dan penolakan pada suatu sistem komputer.Ada dua metode untuk mengklasifikasikan:
  1. Remote Exploit : bekerja memanfaatkan suatu celah pada sistem tanpa ada akses sebelumnya pada sistem tersebut.
  2. Local Exploit : membutuhkan akses sebelumnya untuk mendapatkan hak lebih istimewanya
Exploit merupakan cara kerja pasti untuk menerobos sistem keamanan TI dengan menggunakan kerentanan:
  • Vulnerability : adalah sebuah kerentanan atau celah pada sistem.
  • Target Of Evaluation : adalah sistem,program,jaringan yang menjadi  objek untuk menjadi target analisis atau serangan.

Keuntungan Ethical Hacking Bagi Perusahaan

Melindungi aset digital merupakan perhatian yang penting bagi perusahaan, karena serangan siber memengaruhi kinerja bisnis dan reputasi sebuah perusahaan. Tiga konsep dasar keamanan yang penting untuk informasi di internet adalah kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability). Konsep yang berkaitan dengan orang-orang yang menggunakan informasi itu adalah authentication, authorization, dan nonrepudiation. Keamanan informasi menjadi suatu hal yang mahal pada saat ini, sehingga ethical hacking diperlukan untuk menjamin sebuah sistem informasi perusahaan tersebut cukup handal. Dengan begitu dapat menjaga reputasi perusahaan tersebuat di mata pelangannya.

Tidak ada komentar untuk "Apa Itu Ethical Hacking?"